Berikut ini adalah silabus mata kuliah Media Pembelajaran yang diampu oleh Drs. Saryono M.Or.
Universitas Negeri
Yogyakarta
Fakultas Ilmu
Keolahragaan
Semester Ganjil 2017
Pengajar : Saryono, M.Or. & Dr. Sri Winarni
Kantor : Lab Media Pembelajaran FIK, UNY
Jam
kantor : Melalui janji
Email : saryono@uny.ac.id
& sri_winarni@uny.ac.id
Kredit : 3 sks
Perkuliahan
: Kelas D, Rabu ( 11.10-12.50 ) & Kamis
(09:20-11:00)
Kode
Edmodo : nevmeb
1.
Deskripsi Kuliah:
Kuliah ini
memfokuskan pembelajaran media untuk pendidikan jasmani.
2.
Standar Kompetensi Matakuliah:
Setelah mengikuti
matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan
tentang bagaimana mendesain, mengembangkan, dan memanfaatkan media
pembelajaran.
3.
Strategi Perkuliahan:
Pembelajaran
Berbasis Workshop
4.
Evaluasi:
Ujian Teori Media 30%
Tugas Kelompok 20%
Tugas Individu 40%
5.
Referensi:
Setiawan, C. Pengembangan
Media Pembalajaran untuk Pendidikan Jasmani (Draft Buku).
6.
Skenario Perkuliahan
Pertemuan
|
Materi
|
Catatan
|
1
|
Penjelasan Silabus Perkuliahan
|
|
2
|
Media, Teknologi, & Pembelajaran
|
Baca: Bab I, hal
2-13
|
3
|
Mengapa Menggunakan Media?
|
Baca: Bab I, hal 13-22
|
4
|
Kuiz 1
|
|
5
|
Teori Belajar
|
Baca: Bab II, hal 2-13
|
6
|
Media & Pengayaan Pengalaman Belajar
|
Baca: Bab II, hal 13-26
|
7
|
Kuiz 2
|
|
8
|
Media Manipulatif & Materi Cetak
|
Baca: Bab III, hal 2-12
|
9
|
Media Sederhana & Media yang dipajang
|
Baca: Bab III, hal 12-18
|
10
|
Kuiz 3, feedback
portfolio
|
|
11
|
Media Audio
Perencanaan pembuatan media audio
|
Baca: Bab IV, hal 2-9
|
12
|
Workshop Media Audio
|
|
13
|
Workshop Media Audio; peer feedback
|
|
14
|
Kaidah Visual: Elemen
|
Baca: Bab V, hal 2-13
Batas Pengumpulan: Tugas Individu I
(Media Audio)
|
15
|
Kaidah Visual: Pola & Pengaturan
|
Baca: Bab V, hal 13-23
|
16
|
Media yang tidak diproyeksikan
Perencanaan Pembuatan Media Visual tidak Diproyeksikan—Kelompok
dan Individu
|
Baca: Bab VI, hal 2-28
|
17
|
Workshop Media Visual & Handout/Kartu
|
|
18
|
Workshop Media Visual & Handout/Kartu; peer
feedback
|
|
19
|
Tips penyusunan PowerPoint (PPT) Perencanaan Penyusunan
PPT
|
Batas Pengumpulan: Tugas Kelompok I (Media
Visual) & Tugas Individu II (Handout/Kartu)
|
20
|
Workshop PPT; Peer-feedback, feedback portofolio
|
|
21
|
Media Audio Visual
Perencanaan Pembuatan Video
|
Baca: Bab VII
Batas Pengumpulan: Tugas Individu III (PPT)
|
22
|
Workshop Pembuatan Video Pembelajaran: Pengambilan
Video/foto
|
|
23
|
Workshop Pembuatan Video; Peer-feedback
|
|
24
|
Teacher’s Blogs; Perencanaan Pembuatan Teacher’s Blog
|
Batas Pengumpulan: Tugas Individu IV
(Video)
|
25
|
Workshop Teacher’s Blog
|
|
26
|
Workshop Teacher’s Blog; Peer-feedback, feedback
portfolio
|
|
27
|
E-learning: Edmodo; Perencanaan Penyusunan Edmodo
|
Batas Pengumpulan: Tugas Individu V
(Teacher’s Blog)
|
28
|
Workshop Edmodo
|
|
29
|
Workshop Edmodo
|
|
30
|
Simulasi Edmodo
|
|
31
|
Simulasi Edmodo
|
|
32
|
Ujian Akhir
|
Batas Pengumpulan: Tugas Kelompok II
(Edmodo)
|
7.
Tugas Individu
·
Tugas Individu I: Media
Audio; kirimkan versi MP3 Media Audio anda ke virtual kelas Edmodo pada
pertemuan ke 14.
·
Tugas Individu II: Pilih
salah satu (Handout atau Kartu); kirimkan versi PDF handout/kartu Anda pada
pertemuan ke 19.
·
Tugas Individu III: PowerPoint;
kirimkan file PPT ke kelas virtual Edmodo pada pertemuan ke 21.
·
Tugas Individu IV: Video;
kirimkan link YouTube video ke kelas virtual Edmodo pada pertemuan ke 24
·
Tugas Individu V:
Teacher’s Blog: berisi portfolio Anda. Anda harus mengembangkan portofolio
sejak awal perkuliahan. Kunci kesuksesan Anda ada pada kerajinan Anda
mendokumentasikan semua proses pembelajaran. Kirimkan link blog Anda pada
pertemuan ke 27.
·
Jika Anda terlambat
mengumpulkan tugas maka akan diberi NILAI “0”.
8.
Tugas Kelompok
·
Tugas Kelompok I: Media Visual; kumpulkan
karya kelompok Anda pada pertemuan ke 19.
·
Tugas Kelompok II:
Virtual kelas Edmodo, kumpulkan pada pertemuan ke 32.
·
Jika kelompok Anda
terlambat mengumpulkan tugas kelompok, maka seluruh anggota kelompok akan
mendapatkan nilai ”0”.
9.
Penilaian (Kemanfaatan pada Pendidikan Jasmani)
Lihat rubrik
penilaian karya (menyusul & download di Edmodo)
Yang perlu disiapakan :
- Kelas virtual kita ada di edmodo.com: menjadi seumber informasi dan aktifitas belajar mata kuliah ini.
- Buat akun di edmodo.com dan daftarkan diri Anda ke kelas Media Pembelajaran 2017. Anda membutuhkan group code untul menjadi member kelas virtual. Dapatkan group code dari dosen.
- Dokumentasikan semua proses pembelajaran Anda dari hari ke hari dalam portofolio sejak pertemuan pertama. Pekerjaan Anda dalam menyusun portofolio akan berat jika tidak dibuat dari awal. Format portofolio menyusul.
Peraturan Kelas
•
Meskipun kuliah ini
tidak terlalu memperhitungkan kehadiran, tapi JANGAN TERLAMBAT datang ke kelas.
•
Tidak diperbolehkan
makan dan minum saat perkuliahan di lab komputer.
•
Selama perkuliahan
berlangsung, mohon handphone dimatikan atau switch menjadi ”silent”. DILARANG
KERAS MEMBACA-MENGIRIM TEKS (SMS, WA, BBM) & MENERIMA-MENELPON. Jika ada
hal-hal yang sifatnya emergensi, beritahukan kepada keluarga, kerabat, dan
teman Anda nomer telpon FIK UNY (0274) 513092: petugas akan datang ke kelas
untuk memberitahukannya kepada Anda.
Komentar
Posting Komentar